Visit Blog

Explore Tumblr blogs with no restrictions, modern design and the best experience.

Fun Fact

There's almost an equal split between the sexes on Tumblr - 51% male, 49% female.

Trending Blogs
#kampus

– Pesan Untukmu Para Wisudawan Online –


Aku tahu bagaimana perasaanmu kawan

Perasaan yang begitu hampa

Perasaan yang seakan menyalahkan keadaan

Perasaan yang benar-benar menunjukkan kekecewaan


Namun izinkan keberadaanku disini

Untuk menyampaikan seuntai bait motivasi

Kepada kawan dan rekan yang aku cintai

Yang telah menjalankan wisuda di masa pandemi ini


Dulu kita membayangkan, dapat hadir dalam prosesi sakral ini

Dengan mengajak kedua orang tua beserta keluarga

Dengan penuh canda tawa bersama

Tentunya dalam acara wisuda kita


Dulu kita pernah membayangkan

Akan disambut oleh jutaan rekan

Dengan berbagai hadiah dan kejutan

Yang ditunjukkan kepada kita layaknya seorang pahlawan


Namun yang terjadi ialah sebaliknya

Semua prosesi wisuda dilakukan secara daring

Yang seakan membuat wisuda terlihat garing

Dan tak sedikit dari kita tampak berpaling


Akan tetapi, ingatlah satu hal kawan

Bahwa dikau tetaplah pahlawan

Di hati orang tua mu, di hati keluargamu dan di hati teman-temanmu

Oleh karenanya, jangan salahkan keadaan wisudamu


Yang ada ialah bersyukur selalu

Karena telah berhasil sampai tahap ini

Telah mengenyam pendidikan hingga sejauh ini

Hingga tertanam dalam diri tak akan mengeluh lagi


Pesan terakhir yakni persiapkan diri

Karena setelah wisuda ialah kehidupan yang sebenarnya

Dimana kita akan menjelajahi samudra kehidupan

Yang tentunya harus kita siapkan dengan sebaik - baik bekal


Pertanyaannya, sudah siapkah kita ?


Ttd


Sukabumi, 9 November 2020

Wisudawan Online

7 notes · See All

Akhir-akhir ini aku di sibukkan dengan tugas yang menumpuk. Sebenarnya aku lebih suka kuliah daring (sudah dapat kuota dari kampus) karena apa? Aku suka wkt kuliah diskusi lewat whatsapp atau classroom jadi bisa disambi makan, ngopi atau bersantai sambil jualan online. Waktunya flexible. Sayangnya tugas beranak pinak, jadi kadang pusing sendiri mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Kadang juga terkendala masalah referensi, yang seharusnya bisa ke perpustakaan untuk mencari buku sebagai bahan referensi, tapi tidak bisa karena perpustakaan kampus ditutup, kalaupun harus ke perpustakaan daerah, bukunya kurang lengkap. Kendalanya hanya masalah referensi dan tugasnya lebih banyak. Jadi extra menggunakan pikiran untuk belajar.


Semangatku hanya satu, yaitu lulus tepat waktu. Semoga tahun depan aku bisa mengerjakan tesis dengan baik, dan membuat bangga kedua orangtuaku untuk gelar keduaku🎓


FIGHTING!!!!

1 notes · See All

Hargain gurunya yaaa gaess :)❤️
.
.
.
#kuliah #mahasiswa #kampus #skripsi #indonesia #wisuda #beasiswa #sbmptn #universitas #mahasiswi #sekolah #masukkampus #sarjana #sekolah_kedinasan #kampusindonesia #jakarta #snmptn #mahasiswaindonesia #infokuliah #pendidikan #anakkuliah #sma #infokampus #infobeasiswa #kuliahsambilkerja #kerja #utbk #tugasakhir #lfl
https://www.instagram.com/p/CHFMrVdgbd8/?igshid=1j2wojerj06s1

0 notes · See All

Pagi adik adik, , semangat ya sekolah online nya 😊 Semoga #covid_19
Cepat berakhir, amin🙏.
.
.
#kampus #pknstan #mahasiswa #jadimahasiswa #ikatandinas #perguruantinggi #prestasi #mimpi #sekolahkedinasan2021 #kegagalan #sukses #student #glowup #semangat #transformation
https://www.instagram.com/p/CG_MDjoBSd9/?igshid=uwdrnwp4ww9t

0 notes · See All

Sehat selalu bapak polisi @divisihumaspolri ❤❤❤

#kampus #pknstan #mahasiswa #jadimahasiswa #ikatandinas #perguruantinggi #prestasi #mimpi #sekolahkedinasan2021 #kegagalan #sukses #student #glowup #semangat #transformation #sekolah_kedinasan #sekolahkedinasan #sekolahkedinasan2022
https://www.instagram.com/p/CGhsdXYA5cd/?igshid=1eryu1al5fdq

0 notes · See All

A Parking Lot


Parkiran kampus teknik unhas di tahun 2015-2019:

Panas kecuali kalau parkir dibawah gedung atau di parkiran dosen.

Dimanapun parkirannya motor selalu berdebu, biar itu di parkiran dosen.

1. Di parkiran dosen gedmes yang paling pw karena tidak jauh dan sudah beton, tapi paling uji nyali karena harus tebak-tebakan ‘ada bu yuyu nda ya nanti’ wkwk. Kalau ada bu yuyu pulang-pulang ban kempes, atau diceramahi habis-habisan.

2. Di parkiran belakang gedars gedmes, berbatu dan bikin motor selalu susah untuk dikeluarkan (terima kasih untuk orang-orang yg selalu kususahkan untuk kasih keluar motorku). Terkadang butuh effort lebih untuk kasi keluar motor, apalagi kalau ada yang parkir baru dempet sekali hmmm belum kena macet sudah mulai emosi.

3. Di sisi lain ada parkiran yang di bawah gedung yang tidak pernah dilanjutkan pembangunannya, ini tempat yang kek offroad sekali hehe naik turun puncak gunung. Belum kalau banjir, berasa benteng takeshi, kalau salah ambil jalur hati-hati terpeleset batu atau jatuh di kubangan yang besar. Kasiannya mobil matic yang diceper-ceperkan nda bakalan bisa lalui parkiran yang ini.

Sekarang apa kabar parkirannya? Masih adakah basecamp mapala di pintu masuk parkiran motor?


image
image
image
0 notes · See All

…Masa kuliah tentunya masa untuk menjalani kuliah, tapi waktu kalian cukup fleksibel untuk eksplor banyak hal. Jadi, dengan kesempatan tersebut dengan kewajiban kalian yang melekat adalah kuliah, pasti defaultnya kalian akan kuliah. Dan main adalah sesuatu yang penting.

Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat buat teman-teman mahasiswa baru di tahun 2020, angkatan mahasiswa yang berbeda dari biasanya karena tahun ini akan didominasi oleh kata daring karena Covid-19, jadi kehidupan mahasiswa pun akan berubah dari biasanya. Ucapan selamat ini tidak terbatas untuk keberhasilan teman-teman atas pencapaian kalian bisa masuk kampus favorit–atau setidaknya bisa merasakan bangku kuliah, tapi lebih dari itu, ucapan selamat atas datangnya kesempatan yang kalian dapat untuk belajar banyak hal dalam rangka meningkatkan kapasitas dan nilai tambah diri kalian. Mudahnya, kalian bakal jadi seseorang yang “naik kelas”

“Naik kelas kan udah dari SD sampai SMA?”
Betul, tapi ini sekarang berbeda. Kalian bisa naik kelas jadi orang yang pemalu menjadi berani berbicara di depan banyak orang, dari yang ikut-ikutan, menjadi orang yang memimpin dan menunjukkan jalan, dari orang yang sempit wawasan menjadi orang yang berwawasan luas dan terbuka. Kesempatan ini sangat terbuka ketika kalian menjadi mahasiswa karena menjadi mahasiswa adalah menjadi dewasa dan dengan kesempatan menghabiskan banyak “jatah salah” untuk belajar. Pokoknya masa mahasiswa itu masa yang mahal banget, deh!

Nah, di sini saya ingin “menitipkan” beberapa hal yang rasanya perlu dibagikan sebagai panduan menjalani kehidupan kampus. Ada beberapa poin yang penting untuk merangkumnya:

1. Bikin rencana setelah lulus 
Loh, baru masuk sudah disuruh mikirin lulus? 

Iya, bahkan menjadi nomor satu yang perlu dilakukan menurut saya sebagai mahasiswa baru. Kalian udah berhasil untuk mendapatkan masa belajar lebih lanjut, kalian juga berhasil masuk jurusan yang akan membentuk diri kalian akan bisa apa. Walaupun akan ada bahasan terkait passion versus jurusan, tapi yang mau saya sampaikan adalah ketika kalian masuk suatu jurusan, kalian pasti akan diajarkan sesuatu yang nanti ketika kalian lulus, setidaknya kalian akan memiliki satu kemampuan. Contoh, pengalaman saya yang lulusan Hubungan Internasional, mungkin tidak akan semua lulusan HI menjadi diplomat, tapi setidaknya selama kuliah kalian diajarkan untuk menganalisa peristiwa dan menuliskannya dalam sebuah artikel. Dan akhirnya banyak lulusan HI yang tidak menjadi diplomat, tapi banyak yang bisa menjadi seseorang dengan memanfaarkan skill tersebut seperti A. Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara, Philip J. Vermonte, direktur lembaga think tank CSIS, atau Ernest Prakasa, Stand Up Comedian yang harus menulis materi sebelum menampilkannya di depan orang.

Nah, lalu apa yang mau kalian jalani setelah lulus? Rencanakan sedini mungkin. Kira-kira apa cita-cita kalian, langkah apa yang bisa dilakukan, apa yang bisa didapat dari bangku kuliah untuk mencapai cita-cita itu, juga kegiatan-kegiatan apa yang dapat menunjang diri kalian untuk mencapai ke titik itu. Untuk cita-cita kalian, hanya kalian sendiri yang bisa merencanakan dan memutuskan bagaimana langkahnya. 

Oh iya, untuk membuat langkah tersebut, kalian perlu baca sampai habis agar sempurna perencanaannya, ya! 

2. Jangan lupa main! 
Saya mau bilang kalau ini penting banget. Masa kuliah tentunya masa untuk menjalani kuliah, tapi waktu kalian cukup fleksibel untuk eksplor banyak hal. Jadi, dengan kesempatan tersebut dengan kewajiban kalian yang melekat adalah kuliah, pasti kalian defaultnya akan kuliah. Dan main adalah sesuatu yang penting.

image

Berkemah bersama teman-teman lintas fakultas di gunung belakang kampus (dok: Pribadi)

Mengapa main adalah pendamping kegiatan yang penting? Karena dari main ini kalian harus percaya bahwa kalian bisa naik kelas. Dari main ini kalian akan banyak tau tempat, banyak tau orang, bisa belajar bersikap, banyak tau kesempatan lain yang bakal membuka sudut pandang kalian dan wawasan kalian. Dengan begitu kalian akan menjadi orang yang kaya. Karena pengetahuan tidak hanya di kelas, tidak sebatas di buku, tidak cukup lengkap dari internet, tapi dengan main kalian akan bertemu dengan lingkungan dan melakukan barter nilai tanpa kehilangan nilai yang sudah kamu punya. Maka susun waktu kamu di sela waktu kuliah dan tugas untuk main!

3. Berteman dengan siapa saja
Setelah kalian sudah menyusun waktu untuk main, jangan lupa ajak teman untuk saling berbagi kebahagiaan ketika kalian bermain. Selain kebahagiaan, kalian juga bisa menemukan sesuatu dari mereka apa-apa yang tidak kalian temukan di dalam diri kalian atau keluarga kalian. Sesuatu itu akan membuat kalian sadar bahwa dunia tidak sesempit yang ada di kepala kalian. Banyak hal yang tidak kita ketahui di dunia ini jika kita tidak memiliki cukup teman untuk bermain dan berbagi.

image

bersama wakil ketua KPK, Laode M Syarif (tidak mengenakan almamater), dalam agenda penyerahan kajian strategis pemberantasan korupsi dari beberapa kampus tahun 2017 (dok: pribadi) 

Maka untuk menemukan banyak hal di dunia ini, kalian perlu berteman dengan siapa saja, dari fakultas mana saja, jurusan mana saja, angkatan mana pun, bahkan kampus mana pun. Hal tersebut akan membantu kalian menemukan apa yang tidak kalian temukan sebelumnya, akan membantu kalian melihat dunia lebih luas, dan akhirnya dapat membantu kalian untuk bersikap bijak dengan menerima keragaman dunia dengan prinsip yang kalian miliki. Selain itu semua, tentu kalian akan mendapatkan banyak jejaring sehingga kalian memiliki banyak jalan jika ditengah jalan kalian membutuhkan bantuan atau ketika menemukan ide dan butuh rekan untuk berkolaborasi.

4. Wajib magang
Poin ini mungkin tidak semua pernah melakukannya ketika menjadi mahasiswa, termasuk saya. Bahkan mungkin ada juga jurusan yang belum mewajibkan. Tapi menurut pengalaman dan pengamatan saya, magang adalah poin penting dan wajib untuk diikuti. 

Pengalaman saya sendiri yang berkaitan dengan magang adalah ketika ditanya oleh manajer ketika wawancara kerja di suatu perusahaan. Beliau menanyakan “Kenapa ga ada pengalaman magang?” sambil melihat Curriculum Vitae saya lalu menatap saya dengan tatapan sinis. Hal itu saya nilai sebagai kekurangan saya sebagai lulusan baru walau pada akhirnya saya diterima di perusahaan itu mungkin karena saya menjawab saya fokus di organisasi. Terlepas dari itu, magang masih menjadi hal yang vital.

Selama kuliah mungkin kalian akan mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang nuansanya “sangat mahasiswa”. Artinya, pengalaman tersebut akan menjadi bekal penting. Namun perlu ditambah wawasan bagaimana dunia profesional bekerja. Akan sangat berbeda dunia kampus dengan dunia profesional.

Panduannya, kalian perlu memetakan di tempat mana kalian akan magang. Pastikan tempat tersebut menunjang langkah kalian untuk mencapai apa yang ingin didapat selepas kuliah. Baik di lembaga pemerintah maupun swasta. Banyak informasi tersebar mengenai lowongan magang bagi mahasiswa. Kalian juga bisa temukan di Career Development Center atau Direktorat Mahasiswa dan Alumni kampus kalian.  

Dari magang ini, selain pengalaman, banyak juga yang akhirnya dipanggil kembali untuk bekerja di perusahaan tempat magangnya setelah ia lulus, biasanya hal ini terjadi di perusahaan swasta dan si mahasiswa memiliki reputasi baik dan rekomendasi dari seniornya baik di kampus atau di tempat magang. 

5. Mengikuti kegiatan yang variatif
Poin ini mungkin sudah tidak asing bagi teman-teman. Ada yang ingin ikut UKM ini lah, itu lah, bahkan ada yang bercita-cita ingin jadi ketua BEM sejak maba. Jadi mungkin sudah umum bagi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan. Namun saya tulis di sini untuk menekankan bahwa mengikuti kegiatan selama kuliah memang sepenting itu. Kegiatan ini tidak terbatas hanya di dalam kampus, banyak juga kegiatan ekstra kampus yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. 

Di poin ini ketika demo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau sejenisnya kalian mungkin akan menargetkan akan ikut di kegiatan apa. Apakah UKM kebudayaan, UKM bidang kajian trategis, UKM olahraga, UKM kepemimpinan dan manajemen organisasi seperti BEM, Himpunan, dan lain-lain. Hal yang ingin saya tekankan adalah ada baiknya kalian perlu mengikuti unit kegiatan yang beragam selama berkuliah. Misal kalian ingin belajar manajemen organisasi dan kepemimpinan kalian bisa ikut BEM atau ingin di bidang legislatif kalian bisa ikut BPM/DPM, lalu kalian ingin menyalurkan bakat atau hobi kalian di bidang olahraga, kalian bisa ikut UKM olahraga, atau passion kalian adalah berbicara atau ingin mengasah kemampuan debat, kalian bisa ikut UKM debat, atau kalian minat dengan lingkungan, kalian bisa mengikuti UKM pecinta alam. Kalian juga bisa ikut komunitas di luar kampus yang beragam bidangnya atau mengikuti kegiatan kerelawanan (volunteer). Jangan lupa tingkatkan cakupannya sampai ke tingkat internasional. Banyak sekali kesempatan ini yang beredar informasinya di internet. 

image

Foto bersama mahasiswa volunteer Interpol General Assembly 2016 (dok: pribadi)

Dengan mengikuti kegiatan yang variatif, selain akan menambah jaringan, kalian akan memiliki beragam aktivitas sekaligus banyak ilmu-ilmu baru dari kegiatan-kegiatan yang kalian ikuti sehingga kalian menjadi mahasiswa yang banyak bisa dan menjadi pribadi yang kaya. Apalagi ketika kalian mau nyalon ketua BEM, bisa jadi modal buat dapet suara besar hehe

***

Dari beberapa poin di atas mungkin ada banyak lagi yang bisa diikuti oleh seorang mahasiswa. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi ketika menjalani waktu sebagai mahasiswa selama 5 tahun. Ya, saya telat lulus karena waktu itu di tahun terakhir mendapatkan kesempatan menjadi ketua badan legislatif tingkat kampus yang mana bukan bidang saya haha.

Semoga bisa menjadi panduan kalian yang baru masuk dunia kemahasiswaan, atau mungkin kalian mahasiswa tingkat atasnya yang masih punya waktu untuk eksplor lebih luas. Tentu dengan kondisi pandemi akan banyak penyesuaian yang terjadi di dunia kemahasiswaan, tentu hanya yang menjalaninya yang akan bisa menyesuaikan. Ini hanya sedikit pengalaman yang bisa menjadi panduan.

Sekali lagi, status mahasiswa itu sangat mahal, manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan bekal untuk langkah selanjutnya.

1 notes · See All
ozz-artPhoto

Bilgeadam kursunda yaptığım 3D Kampüs ödevi, 2009. Tool: 3DsMax

ozz-art
ozz-art
1 notes · See All

Perjalanan ku baru saja mulai.

Tumpukan revisi yang menghinggapi tas ku satu persatu ku ganti dengan pakaian. Langkah-langkah menuju kampus berganti menjadi langkah menuju masa depan.

Pendakian menggapai toga baru saja selesai.

Masih banyak puncak yang perlu ku sambangi. Aku hampir tersungkur dipuncak kepastian. Dehidrasi keyakinan sudah menjadi-jadi.


Lalu aku sejenak berhenti, memandangi sekeliling yang tak jelas tampaknya. Kabut berhasil menutupi sebagian diri, tapi secercah cahaya melimpir masuk kedalam, membuka mata yang buta, berbisik ketelinga yang luka.

Cahaya itu berkata “ yakin ingin berhenti? Puncakmu sudah didepan mata ”.

Setengah yakin, ku coba berjalan Dengan Kaki yang sedari tadi sudah terasa mati, langkah pertama terasa berat, telinga ku mendengar langkah yang kian mendekat. Bayangan seseorang tiba-tiba muncul didepan mata.

Ah mungkin aku sudah mulai berhalusinasi pikirku.

Seseorang membopongku dari belakang. Tangan sebelah kiri ku berada dibahu nya, tangan sebelah kanan ku juga tiba-tiba berada dibahu yang tak jelas siapa itu. Mulut ku dipaksa untuk terbuka, air mengalir dari sebuah botol menuju sela-sela bibirku. Sekarang pandangan begitu jelas. Terlihat didepan ku terdapat 5 orang sahabat yang tersenyum melihatku, mataku sekarang tertuju kedua orang lain disamping ku. Mereka juga adalah sahabat baikku. Kini Mereka semua membantu ku untuk sampai di puncak penantian. Tak seperti sebelumnya sekarang Semua terasa Ringan. Impian menuju puncak kini benar-benar tercapai.

Aku mungkin hanya seseorang yang beruntung memiliki sahabat yang selalu membantu dikala senang maupun susah. Mungkin saja aku bisa tak berhasil tanpa ada dorongan serta bantuan dari mereka semua. Sekarang kita semua sudah sama-sama berhasil menapaki puncak impian kita.

Selanjutnya tugas masing-masing diri kita ialah menjadi sebaik baiknya manusia, karena dipuncak tertinggi, kita pasti akan merasa terlihat besar. maka dari itu ditempat tertinggi yang wajib kita rendahkan ialah hati.

1 notes · See All

Cerpen: apakah kamu masih sendiri?

“Kalo di kampus, bertemanlah sama teman-teman yang baik, yang shalih, yang cerdas.” Kata ibu.

“Mudah kalo itu, tinggal ikut rohis.”

“Supaya besok jodohmu juga dari kalangan yang seperti itu.”

“Hehehe, itu yang sulit.”

Jelas sangat sulit. Di kampus konservasi, sulit rasanya mencari seseorang yang masih sendiri, apalagi yang masih sibuk membenarkan bacaan tajwid dan mengkhatamkan buku-buku. Jarang. Ya aku tidak sepenuhnya tahu, tapi sampai saat ini, belum juga ketemu.

Ibu, paling khawatir soal pergaulanku. Tiap kali teman laki-laki yang datang berkunjung; selalu ditanya kuliah di mana dan ikut organisasi apa, itu sudah jadi hal yang biasa. Syukurlah kalau dari ormas islam, asal tidak radikal; hati ibu sudah tenang.

Ibu, tidak pernah merasa tenang setiap kali aku pamit, “mau jalan-jalan sama kawan”, selalu ditanya, “laki-laki atau perempuan? pulanglah sebelum larut malam.” Selalu begitu, selalu posesif. Sama saja dengan bapak, khawatirnya disalurkan ke ibu, tidak berani bicara langsung.

Bu, di kampus konservasi ini, sulit mencari seseorang yang masih sendiri. Jadi jangan terlalu risau dengan pergaulanku, karena saat aku telah jatuh cinta; seseorang yang kucintai justru telah bersama. Iya, bersama dengan seseorang yang juga ia cinta.

Bu, ternyata di kampus, semua orang ingin segera menjadi sepasang. Rata-rata, semua yang wajahnya indah, sudah dimiliki orang lain. Ibu, siapakah yang bisa kumiliki, kalau semua lelaki tidak lagi sendiri?

Aku tidak mau mencari, sebab saat aku telah menemukan, hatiku patah karena hatinya telah jadi milik orang. Aku tidak akan dekat-dekat, karena aku khawatir jika kekasih dari orang yang kudekati, merasa cemburu dan aku di kutuk-sumpahi.

Tapi bu, sepertinya ada satu orang yang menarik. Bacaan Al-Qur'annya sungguh indah, tajwidnya sempurna. Setiap sore dia ada di musala, setiap pagi hingga siang, kami berada di gedung yang sama. Tapi bu, dia tidak mengenalku. Dan aku tidak mengenal dia. Pertemuan kami hanya sebatas konspirasi alam semesta.

Bu, apakah kira-kira dia masih sendiri? sebab di kampus ini, semua lelaki berlomba-lomba untuk jadi sepasang. Tapi entah dengan dia. Yang pasti, kami selalu berada di gedung yang sama.

Bu, kalau saat ini dia memang masih sendiri dan sibuk memperbaiki diri; betapa beruntungnya wanita yang kelak dia cintai.

Bu, mungkin memang saat ini, aku juga harus menjaga dan memperbaiki diri. Tidak pantas lelaki sebaik dia, menjadi sepasang dari perempuan yang tidak baik bacaan qur'annya. Biarlah kami, menjadi dua insan tidak saling kenal mengenal. Tetapi kelak, disandingkan disebuah ikatan yang suci juga halal.


3/8/2020

8 notes · See All
image

Wahana untuk Berekspresi

Berorganisasi itu wahana untuk berekspresi. Setiap dinamika dan keputusan yg terjadi menjadi bukti bahwa keindahan itu tercipta dari keberagaman ekspresi

Berorganisasi itu wahana untuk belajar. Ketika ada yg tidak berjalan dengan baik maka hal itu sangatlah wajar. Justru disanalah proses dan pembelajaran

Berorganisaai itu wahana untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Jika ada salah komunikasi yg sering menyebabkan pertengkaran, maka silahlan diselesaikan.

Wahana ini tidak mungkin dibangun sendiri. Karena dalam membangunnya, tentu perlu pondasi kokoh dengan perencanaan yg baik untuk mampu dinikmati oleh setiap pengunjungnya

Wahana ini bukan sebatas tempat berkumpul, melainkan sebagai tempat mengekspresikan setiap potensi pengunjung yg hadir

Wahana ini milik semua, yaitu semua pengunjung yang siap berjuang untuk kepentingan dan kebermanfaatan bersama.

2 notes · See All

Salah satu alumni Universitas Islam Madinah yang menjadi influencer kepada para juniornya terkhusus ana pribadi, bagaimana kita dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan kemampuan dan bidang yang diminatinya. .

Beliau adalah @santrinabawinew Ustadz Ahmad Bilal Al Maghribi, B.A, admin tunggal website santrinabawi.com. Sebuah website rujukan para mahasiswa yang hendak melanjutkan kuliah di Arab Saudi khususnya di Madinah, selalu update info beasiswa dan tutorial daftar online lewat website kampus. .

Jazaakumullah khoiran katsiran wa baarakallah fiikum ya ustadzi.

0 notes · See All

Assallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PMB (penerimaan mahasiswa baru) Universitas Muhammadiyah Jakarta, memasuki GELOMBANG KETIGA(3) sampai dengan 20 Juni 2020.

Yuuk…daftar segera.!!kuota terbatas.
Cek website : @pmb.umj.ac.id

Informasi lebih lanjut :
+62 878-7072-1290 (Tito)
+62 838-7803-3566 (Abuzar)
+62 812-8485-2285 (Fahmi)
+62 896-7040-8860 (Nina)
+62 812-8023-0811 (Anggi)
+62 878-3212-8011 (Taufik)
+62 821-7604-0774 (Syawal)

#universitasmuhammadiyahjakarta #terkemuka
#kampus #islam #dkijakarta #indonesia

Wassallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh (at Universitas Muhammadiyah Jakarta)
https://www.instagram.com/p/CBFlBDkgoOI/?igshid=12oofgvzgkg7f

0 notes · See All

Mana suaranya anak Fakultas Hukum? 😘😘😘

.
📽️ : tiktok/ferrmon

#Zonamahasiswa #Duniamahasiswa #mahasiswa #mahasiswi #kampus #kuliah #skripsi #dosen #motivasi #inspirasi #dagelan #kocak #lucu #hiburan #sarjana #wisuda #indonesia #sukses #quotes #viral #sidangskripsi #mahasiswaindonesia #masadepan #teman #campus #sahabat
#infomahasiswaaktif #infomahasiswacantik
https://www.instagram.com/p/CA4rmoMAE7N/?igshid=698m3r3pgxoh

0 notes · See All
Next Page