Visit Blog

Explore Tumblr blogs with no restrictions, modern design and the best experience.

Fun Fact

If you dial 1-866-584-6757, you can leave an audio post for your followers.

Trending Blogs
#prestasi

Pagi adik adik, , semangat ya sekolah online nya 😊 Semoga #covid_19
Cepat berakhir, amin🙏.
.
.
#kampus #pknstan #mahasiswa #jadimahasiswa #ikatandinas #perguruantinggi #prestasi #mimpi #sekolahkedinasan2021 #kegagalan #sukses #student #glowup #semangat #transformation
https://www.instagram.com/p/CG_MDjoBSd9/?igshid=uwdrnwp4ww9t

0 notes · See All

AKU DAN KAOS KAKI AJAIB

Kala itu tanda-tanda pubertas sudah muncul dalam diriku. Ibuku yang telaten dalam memerhatikan setiap kebutuhan anak-anaknya paham betul bahwa aku sudah remaja.

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, menomorsatukan mereka adalah hal terpenting dalam hidupku. Bahkan saat aku sedang asik membaca buku, lalu ibu menyuruhku beli terasi ke warung depan komplek, aku rela menurutinya.

Tapi pernah satu ketika aku sedang malas-malasnya. Cuaca cukup terik rasanya ingin aku diam di rumah saja. Tapi ibu menyuruhku untuk membeli beberapa bahan yang belum tersedia untuk menyiapkan makan siang. Karena orang tua tetap nomor satu, aku akhirnya bersiap menuju warung dengan memakai kerudung.

Waktu itu aku mengucap salam, “Assalamu'alaikum”. Kemudian mulai berjalan. Tak sampai 5 langkah aku berjalan, ibu memanggil kembali.

Eh, mana kaos kakinya?”

Jawabku, “alah Bu ke depan doang, males Buu

ngga, ibu ngga ridho kalau kamu keluar tanpa tutup aurat sempurna. Udah biar Ibu aja yang beli.”

Warning!!

Ibu pasti sudah sangat lelah, adonan pun belum selesai ibu buat. Kasian ibu kalau harus keluar dengan keadaan seperti itu.

Iya iya deh, aku pakai.. niih.”

Setelah kejadian itu, aku selalu berusaha menutup aurat secara sempurna. Bahkan akhirnya muncul rasa malu saat aku tak sengaja tersingkap pergelangan tangan atau kakiku. Rasanya sangat malu, seolah seluruhnya terlihat.

Di lingkungan pendidikanku saat ini pun, aku bersosialisasi secara normal. Alhamdulillah, selama ini tak pernah ada satu lelaki pun yang menggodaku, aku mandiri dan tetap profesional, akupun merasa Allah selalu menjagaku dalam setiap kesempatan agar aku tidak melanggar syariat yang ditetapkanNya.

Aku yakin ini adalah jalur-jalur rahmat-Nya yang bisa jadi berawal dari kaos kaki ajaib kala itu.

Bahkan kulihat adik dan kakakku diberikan penjagaan oleh Allah agar selalu di jalan-Nya.

Berarti ini lebih dari kaos kaki ajaib itu. Ibuku yang ajaib, memberikan teladan kepada kami bahkan dimulai saat ibu masih kecil yang berusaha menjaga diri dan kehormatannya dengan bersandar kepada Allah di setiap nafasnya.

Lalu aku mulai berfikir.

MasyaAllah, sepertinya ini pun pasti hadir dari doa-doa kakek-nenek buyut kami yang Allah sampaikan pula kebaikannya kepada kami.

Tabaarakarrahmaan..

0 notes · See All

Sejak memasuki bangku perkuliahan, rasanya nggak pernah terlepas sedikitpun dari kata “pencapaian”. Semua yang berjalan begitu saja ternyata dibaliknya ada yang sedang berlomba. Berusaha menjadi yang paling baik menurut versinya, sehingga pencapaian itu sendiri seakan-akan menjadi kata kerja yang harus dimiliki setiap orang di setiap waktu nya…

Definisi dari pencapaian pada umumnya adalah sesuatu yang membanggakan serta membuat orang lain kagum, tentu saja pasti setelahnya akan ada kata selamat untuk membuat pencapaian itu semakin berarti…

Jika seperti itu definisinya, maka tulisan ini ditulis hanya oleh seseorang yang pencapaiannya hanya seujung kuku. Pencapaian yang didefinisikan sebagai sebuah prestasi yang merujuk pada sebuah posisi dan nilai. Walaupun tidak dapat dipungkiri, kita semua pasti punya pencapaian versi masing-masing. Namun jika definisinya disamaratakan bahwa pencapaian sama dengan prestasi, agaknya hidup terlalu sulit dilewati hanya untuk menjadi sesosok manusia yang kaya akan prestasi. Ujung-ujungnya, kita sendiri pasti yang akan frustasi…

Maka aku membuat sendiri definisi pencapaian itu sesuai dengan makna pencapaian dalam KBBI yang berarti proses atau cara mencapai bukan hasilnya (hayo coba cek KBBI). Seringnya orang lain terlalu fokus pada apa yang kita dapatkan, kemudian menilainya dengan sebuah pencapaian. Padahal proses menuju kepada hasil itulah yang lebih pantas diberi predikat pencapaian, sekalipun mungkin hasilnya mengecewakan…

Bagiku, setiap orang itu punya pencapaiannya masing-masing, bukan hanya yang menang ini menang itu dan prestasi-prestasi lainnya. Aku percaya setiap orang itu pejuang, jika hasilnya tidak sesuai yaa itu juga bisa dong kita sebut sebagai pencapaian. Bedanya, mungkin orang yang sampai pada tahap menang itu memang lebih terlihat daripada pencapaian dalam prosesnya…

Tidak usah khawatir (aku) jika memang kamu belum pantas disebut memiliki pencapaian di mata orang lain, aku yakin kita semua punya pencapaian yang banyak. Sholat subuh di awal waktu, menelpon orang tua lebih dulu, menolong orang lain, tidak mengucapkan kata kasar seharian, meminum 3 liter air putih setiap harinya, dan hal-hal lain yang tidak terstandar pada sebuah kata menang untuk disebut dengan sebuah pencapaian… 

2 notes · See All

Sebuah Refleksi

Tak melulu yang punya banyak medali itu mereka yang tahan uji. Tak melulu yang punya jabatan tinggi itu mereka yang punya hati terpuji. Jika definisi prestasi hanya diukur secara materi, maka tak heran jika banyak hati yang kesulitan menghargai, utamanya menghargai diri sendiri. Sesekali, kita sangat perlu memberi penghargaan kepada diri sendiri, agar tidak mudah terbebani. Sesekali, kita sangat perlu mengapresiasi setiap hati, dengan kaca mata Empati. Mari mengingat kembali, pencapaian setiap pribadi sangat berkorelasi dengan setiap faktor yang melatarbelakangi. Kita tidak bisa menilainya hanya dari satu sisi.

©dfz

1 notes · See All

Reposted from @greensoul.co.id (@get_regrann) - MELAWAN TUA 🍃

Hidup itu kumpulan hari dan prestasi. Kalau nggak ada isinya, maka yang perlu dicek adalah fokus hidup kita ke mana aja selama ini?

So, puisi dari @agoytama ini semestinya jadi cambuk. Agar semakin dekat ajal menjelang, karya harus muncul berulang. Sehingga, meski raga tak lagi ada, amal kebaikan bisa terus menghantar ke surga. Insya Allah.

Follow kami ya di @greensoul.co.id dan kepoin terus si sastrawan ganteng @agoytama biar produktif terus. Hehe.

#puisi #karya #prestasi #syair #dakwah.
.

#CintaNabiCintaSyariah
#WeStandWithUyghur
#IslamYangTertinggi
#taubaters
#CintaNabiBelaNabi
#islam #instaislam #iman #quran #Sunnah #booster #motivation #hijrah #dakwah #taat #taqwa #moveon #yukngaji #istiqomah #penduduklangit

#myan #regrann (at Jakarta, Indonesia)
https://www.instagram.com/p/B624AiyhfIq/?igshid=p87es43vabvz

0 notes · See All

Orang yang benar-benar memiliki prestasi, tidak akan menuntut orang lain untuk berprestasi.

Tentang mereka yang lebih sering menuntut agar menjadi dibandingkan mempelajari yang terjadi.

- Radhiya Tara

0 notes · See All

Harini abg nak buat surprise untuk bodyguard abg ajimkecikkk sbb dia punya prestasi mmg best… 😬 abg bangga dgn @ajimkecikkk ☺


Eh ajimkecikkk ni memilih pulak nak iphone 11 abg beli dari @zul.phonehq 🤣 orang buat surprise nak kasi baju je dekat dia 🤣🤣 prestasi kasi hebat dulu baru abg belanje iphone dari @zul.phonehq


Korang rasa okay ke abg bagi surprise baju utk bodyguard abg? Atau nak kena bagi iphone dari @zul.phonehq jugak? 🤔 sbb dorang tgh ada promosi harga murah sekarang 😅 kalau tak caye pegi follow @zul.phonehq @zul.phonehq
.
#zulphonehq #iphonemurah #promosi #prestasi #aliffsyukri #shahidadherbs #ajimkecikkk #hargamurah
https://www.instagram.com/p/B3D-ZG1lz-2/?igshid=1h992j0bgnyk0

0 notes · See All

Masalah hati berbanding terbalik dengan prestasi.

Kalo prestasi, susah banget buat ngejagain posisi terbaik dan kalo udah turun nih (prestasinya) bisa turun sangat drastis.

Tapi kalo hati, susah banget buat nurunin kadar cinta dan begitu cepat naik menjadi cinta (kembali) kalo si dia tiba-tiba dateng (lagi).

Gimana?

9 notes · See All

KISAH SELEMBAR IJAZAH

.

© Doni Riw

.

Berapa tahun dihabiskan anak modern tuk mendapat selembar ijazah S1?

.

Paud 2th, TK 2th, SD 6th, SMP 3th, SMA 3th, S1 4th, maka total 20th.

Jika paud usia 3th, maka ijazah s1 terpegang di usia 23th.

Jika hanya mangandalkan pendidikan di sekolah, life skill apa yang sudah dikuasai “anak” usia 23th?

Berapa gaji yang bakal dia terima jika bekerja mengandalkan ijazah s1? Setara UMR?

Jika hanya mengandalkan materi pendidikan sekolah, ilmu Islam apa yang sudah dikuasai?

Berapa juz yang ia hafal? Berapa ratus hadits dia kuasai?

Sudahkah bisa bahasa arab sehingga mampu memahami Al Quran tanpa terjemahan depag?

Atau justru di usia itu dia tengah galau karena jatuh cinta pada lawan jenis, tapi tak berani melamar? karena biaya mahar & walimah sangat tinggi?

Atau sibuk bermain game online sembari nongkrong ke sana ke mari tanpa prestasi?

Rasulullah SAW di usia 12 tahun sudah diajari berdagang oleh pamannya. Tanpa habis waktu mengejar ijazah SD/SMP.

Di usia belasan, beliau sudah ahli berdagang. Di usia 25 menikahi Khadijah RA. dengan mahar 20 ekor unta (setar 600 juta rupiah saat ini).

Imam Syafi'i sudah dipercaya menjadi imam Masjidil Haram sebelum beliau baligh. Tak menunggi ijazah SMA.

Al Fatih jadi Sultan sekaligus Panglima Perang menaklukkan konstantinopel di usia 21 tahun. Tak perlu ijazah S1.

Malang nian nasib anak modern dalam sistem pendidikan sekuler kapitalis. Termasuk juga penulis.

Bertahun bekerja keras dengan berbagai cabang ilmu. Mengejar ijazah yang hanya semu.

Usia terlanjur tua tapi dasar aqidah ia tak punya.

Umur habis tapi life skill hanya mampu jadi karyawan dengan upah tipis.

Malang nian nasib anak modern dalam sistem pendidikan sekuler kapitalis. Termasuk juga penulis.

Dididik untuk menjadi roda penggerak sistem ekonomi kapitalis.

Jadi pekerja yang dijerat hutang riba. Dihibur dengan hedonisme yang menguras isi kantongnya yang tak seberapa.

Sementara isi kepalanya dikosongkan dari aqidah dan ilmu agama.

.

Kasihan.

.

Jogja 1119

@doniriw

t.me/doniriw_channel

.

5 notes · See All

Proud

Anak laki-laki itu berlari dengan cepat. Tersengal-sengal. Berbinar matanya, sebab hari ini dia merasa sangat bahagia. Ia menghampiri ayahnya yang sedang santai membaca koran di teras rumah.

Anak: Ayahh lihat! (huh huh huh-jantungnya berdegup kencang) yah lihat yah(sambil memperlihatkan koran yang di bawanya dari sekolah) teman Dimas dapat juara 1 lomba robot antar SMP seluruh Indonesia! Keren banget kan yah (sambil tersenyum bangga)

Ayah: hmmm

Anak: ko hm doang yah?

Ayah: Ayah akan sangat bangga jika kamu yang memenangkan kejuaraan itu, tidak perlu terlalu memperlihatkan bahwa kamu bangga atas pencapaian temanmu. Capailah dulu prestasimu, lalu banggakan juga lah teman-temanmu. Itu jauh lebih hebat. Buktikan bahwa kamu pun mampu, Dimas.

Anak: (diam) (termenung) (berpikir)

21 notes · See All

.
Kesesuaian antara Bakat dengan Cita-cita dan Karier
.
#Bakat adalah sesuatu kemampuan khusus yang dimiliki oleh setiap individu. Dapat berkembang dan tampak menonjol, bilamana dilakukan latihan secara terus menerus. Bakat yang berkembang selain mendukung cita-cita/karier, juga menjadikan sebuah profesi atau jabatan bagi si pemiliknya, bila berkesempatan untuk dikembangkan dan diarahkan dengan baik.
Inovasi dan ide-ide baru yang diciptakan oleh #anakmuda haruslah diwujudkan dan diapresiasi bagi diri sendiri dan lingkungannya
.
Artikel Hipwee: 18 anak Indonesia dengan karya luar biasa yang terbukti sudah diterima oleh dunia:
1. Bayu Santoso : mahasiswa biasa, pemenang desain cover album Maroon 5 yang mendunia.
2. Pierre Coffin: Di balik keimutan Minions, ada pria berdarah Indonesia sebagai arsitek utamanya.
3. Andre Surya : Sang animator Transformer 3D yang ketrampilannya didapatkan secara otodidak.
4. Christiawan Lie: Ilustrator komik, karyanya berhasil menembus pasar Amerika.
5. Griselda Sastrawinata: Animator perempuan yang karyanya bisa kita saksikan di film animasi The Sherk.
6. Rini Sugianto: Animator asal Indonesia yang bergabung dalam proyek film-film Box Office Amerika.
7. Wira Winata: Hobi yang diyakini dan ditekuni bisa membawanya bekerjasama dengan Disney.
8. Marsha Chikita: Sukses menapaki karier menjadi animator.
9. Lilyana Natsir & Tontowi Ahmad: Mengharumkan nama bangsa bidang badminton.
10. Butet Manurung: Pahlawan Asia versi majalah Time tahun 2004.
11. Dougy Mandagi: Lantunan suaranya soundtrack film 500 Days of Summer.
12. Joey Alexander Sila: Pianis cilik yang prestasinya dikenal di kancah Internasinal.
13. Chris Lesmana: Perancang Mobil VW yang mendunia adalah pria asal Indonesia.
14. Maria Tri Sulistyani: Pembuat Boneka Papermoon dinikmati di berbagai negara berkat.
15. Yosep Anggi Noen: Sutradara film Indie, karyanya diputar banyak negara.
16. Mocca: Pendukung fanatik di seantero Asia.
17. White Shoes and The Couples Company sampai ke Amerika-Eropa.
18. Sandy Sondoro: Pengamen jalanan menjadi musisi ternama di Jerman.
.
Video & Narasi By @semuatentangbatam
.
.
#anakbatam #semuatentangbatam #prestasi #kreatif #silat #instagram #batam

0 notes · See All

Berprestasi Tanpa Bermanfaat

Suatu manfaat yang kau beri, jangan mengharap ganjaran yang setimpal untuk kau tunjukkan pada semesta. Seperti halnya prestasi yang dapat kau tunjukkan. Bagiku itu adalah lebih dari sekadar prestasi yang selama ini kau agung-agungkan. Ganjaran pasti kau dapat, namun tidak untuk kau umumkan. Karena seseorang yang punya banyak prestasi, bagiku itu tidak lebih baik dari mereka yang seluruh tenaga, waktu, dan usianya dicurahkan demi memberi suatu manfaat untuk banyak umat.

0 notes · See All

Salam hangat yang lumayan panas, dari Kota Pahlawan:)

Siang ini saya akan berbagi cerita mengenai passion saya yang lain yaitu menulis. Saya suka menulis sejak SD. Dulu sering bikin diary dan akhirnya berhenti karena diaryku dibaca orang lain lol. Memasuki SMP saya merasa bingung, apa sih passionku yang sebenarnya. Begitu banyak hal baru yang saya lakukan, tapi nyatanya berujung bosan di tengah jalan. Lalu ketika masuk SMA keinginan menulis ini semakin kuat. Nah, pada akhirnya saat perkuliahan ini saya baru menyadari bahwa saya cenderung lebih suka menulis daripada berbicara. Awalnya motivasi saya suka menulis adalah ingin keliling dunia. Mungkin saat ini baru terealisasi keliling antar kota, tapi saya yakin suatu saat saya bisa mengelilingi dunia. Inshaa Allah hehehe:D

Bagi saya, menulis itu sesuatu yang menyenangkan. Menulis itu seni, dimana kita bisa mengungkapkan apa yang kita pikirkan. Kita bisa berkontemplasi lebih dalam. Memaknai hidup dengan menguraikan pemikiran. Apa yang ada dipikiran harus sejalan dengan tulisan. Hasil dari tulisan juga bisa sebagai ajang berbagi cerita dan pengalaman. Barangkali bisa menginspirasi banyak orang hehe. Sejatinya, manusia itu harus bermanfaat bagi sesama. Ketika kita meninggal nantinya, tulisan inilah yang akan selalu bisa dikenang. Mungkin tak semua orang suka menulis. Mungkin ada juga yang berpikiran kalo menulis itu menghabiskan banyak waktu. Its no problem. Semua orang punya bakat masing – masing, bukan? Tak perlu membedakan diri kita dengan orang lain.

Saya ingin sharing mengenai kompetisi pernah saya ikuti. Saya sering mengikuti LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) baik itu di tingkat fakultas, universitas maupun nasional. Saya pun sering terhenti sampai tahap lolos abstrak saja. Dari pengalaman yang sudah saya alami, ketika kita berniat mengirimkan abstrak dalam karya kita, seharusnya kita juga sudah mempunyai hasil dari penelitian tersebut. Jangan sampai abstrak sudah lolos, namun penelitiannya belum dilakukan. Sehingga pada saat pengumpulan full paper waktunya mepet deadline dan isinya pasti tidak maksimal. Hal ini tentunya menyebabkan karya kita tidak akan lolos ke tahap presentasi. (Itu yang bisa saya share masalah LKTIN, jangan sampai kesalahanku ini terulang pada kalian ya hehe). Lalu untuk masalah PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa), banyak yang tanya gimana sih, caranya bisa lolos pendanaan? Menurut saya ada dua faktor. Faktor pertama, memang isi proposalnya sangat bagus sehingga bermanfaat bagi banyak orang atau faktor kedua yaitu keberuntungan. Kebanyakan dari kita hanya mengajukan proposal, dana cair, tetapi program tidak dijalankan ataupun produk memang tidak dapat dibuat. Mungkin ada yang berpikiran didanai saja sudah senang, namun alangkah baiknya jika kita juga niatkan sampai lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Memang susah lolos pimnas ini, saya pun belum pernah lolos. Mungkin jika tahun depan saya diberi kesempatan lolos, saya akan share lagi tentang pengalaman pimnas ya:) Dalam sebuah kompetisi, kita juga harus memperhatikan susunan dari tim. Apakah dalam tim itu orangnya sudah sejalan satu tujuan atau belum. Di sebuah tim tidak perlu semuanya ahli yang terpenting bisa saling melengkapi. Kemudian satu lagi yang ingin saya share, terkait bagaimana caranya bisa lolos hibah penelitian Undip? Kalo menurut saya dilihat dari manfaat penelitian yang akan kita jalankan dan kelengkapan berkas saat pengumpulan.

Pernah ingin menyerah dan berhenti menulis? Pernah. Tapi saya ingat kembali bahwa ketika kita ingin menyerah sebenarnya keberhasilan itu akan semakin dekat. Saya pernah merasakan banyak kegagalan dalam beragam kompetisi. Tak perlu sedih dan berkecil hati. Ambilah pengalaman sebanyak – banyaknya dari kegagalan itu. Karena ingatan manusia itu terbatas, saran dari saya adalah catat setiap kesalahan dan ilmu baru yang kita dapat dari tim lain. Dengan begitu kita akan tahu kekurangan dari tim kita dan bisa memperbaiki ke depannya. Don’t stop until you’re proud. Setetes keringat orang tuamu jatuh, selangkah kamu harus maju, selangkah kamu harus menggapai prestasi!


Dari saya yang sudah merasakan kegagalan dalam kompetisi

Surabaya, 18 November 2016

1 notes · See All
Next Page